Airlangga Hartarto, Anak Menteri yang Jadi Menteri

Dipublikasikan pada

Siapa yang tidak kenal dengan Dr. (HC) Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT, IPU? Tentu saja mengenalnya. Ia bukan saja seorang pengusaha, melainkan juga politisi. Itu sebabnya, ia didapuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju (2019-2024).

Tapi, tahukah Anda jika Airlangga Hartarto juga merupakan anak seorang menteri? Ya, Airlangga lahir dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi di Surabaya pada 1 Oktober 1962. Ir. Hartarto, sang ayah, termasuk pebisnis yang berhasil di Era Soeharto.

Atas keberhasilannya dalam berbisnis itulah, Hartarto diangkat menjadi menteri hingga enam kabinet berturut-turut. Ia mulai menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) dan Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Lalu, Menteri Koordinator Bidang Produksi dan Distribusi pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998), hingga Menteri Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VII (1998-1999).

Aktif Sejak Sekolah

Darah bisnis dan politik Hartarto kemudian mengalir ke putra kedua dari enam bersaudara, Airlangga. Selain rajin belajar, sejak sekolah di SMA Kolese Kanisius Jakarta, Airlangga telah aktif berorganisasi, termasuk menjadi Ketua OSIS.

Di Universitas Gadjah Mada, tempatnya kuliah, sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, ia menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah di Wharton School University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat.

Tiga tahun kemudian Airlangga mengambil Program Master of Business Administration (MBA) di Monash University, Australia, dan Master of Management Technology (MMT) di Melbourne Business School, University of Melbourne, Australia setahun setelahnya.

Begitu kembali ke Tanah Air, Airlangga menekuni dunia bisnis sama seperti ayahnya. Dari biografinya diketahui ia mendirikan perusahaan distribusi pupuk PT Graha Curah Niaga. Selain itu, ia juga mendirikan PT Jakarta Prime Crane dan PT Bisma Narendra untuk aneka bisnis lainnya.

Karier Politiknya Melesat

Airlangga lantas masuk ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Golkar. Kariernya di dunia politik amat “moncer”. Pada 2003, ia menjadi Bendahara Badan Penelitian dan Pengembangan Partai Golkar dan Anggota Pokja OKK DPP Partai Golkar.

Setahun kemudian, Airlangga sudah menduduki posisi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar dan Anggota DPR RI tiga periode (2004-2019). Pada 2016-2019, ia juga didaulat Presiden Joko Widodo masuk Kabinet Kerja menjadi Menteri Perindustrian, jabatan yang pernah diemban ayahnya.

Karier gemilang Airlangga tak berhenti sampai di situ. Pada 2019, Airlangga terpilih menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar hingga 2024 secara aklamasi. Begitu Joko Widodo terpilih kembali menjadi presiden, Airlangga lagi-lagi masuk kabinet.

Dalam Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Airlangga mendapat kepercayaan lebih besar, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Kini, menjelang pemilihan umum 2024, Airlangga digadang-gadang untuk maju menjadi calon presiden dari partai berciri khas kuning tersebut.***

TokohPopuler.comhttps://tokohpopuler.com
TokohPopuler.com, Kumpulan Tokoh-Tokoh Populer di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Langganan Gratis

Artikel Populer

Artikel Terkait
Tokoh Populer

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi Berkunjung ke Satu Jari Indonesia

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengunjungi kantor pusat Satu Jari Indonesia dalam rangka penjajakan kerja sama untuk pemenangan pileg 2024.

10 Menteri Berkinerja Terbaik Menurut Political Weather Station

Inilah 10 menteri berkinerja terbaik di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo Jilid II menurut hasil survei Political Weather Station.

Survei Trust Indonesia: Elektabilitas Prabowo Subianto Teratas

Hasil survei Trust Indonesia Research and Consulting menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto di posisi teratas capres 2024.

Agung Mozin, Politisi Senior yang Jadi Ketua Umum Satu Jari Indonesia

Agung Mozin, mantan pengurus DPP Partai Amanat Nasional dan Partai Ummat yang kini menjadi pendiri sekaligus Ketua Umum Satu Jari Indonesia.